RAPAT PENGUATAN KELEMBAGAAN PPID TAHUN 2019

Semarang – 18 Maret 2019. Sejak diluncurkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, informasi menjadi satu hal wajib yang harus disediakan oleh seluruh badan publik di Indonesia. Undang-Undang ini dalam implementasinya secara konprehensif mengatur kewajiban Badan Publik Pemerintah dan Badan Publik Non Pemerintah untuk memberikan akses informasi secara terbuka dan efisien kepada masyarakat luas/publik.

https://pbs.twimg.com/media/D16_6nCUwAAkOhY.jpg

Disamping itu Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik juga mengatur tentang prinsip informasi publik, bahwa pada dasarnya seluruh informasi terbuka selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan atau perundang-undangan yang berlaku. Sebagai Badan Publik Pemerintah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah berkewajiban menyediakan dan menerbitkan informasi publik, memberikan informasi kepada masyarakat atau pemohon informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan.

https://pbs.twimg.com/media/D16_-BLUkAACFIU.jpg

Pelayanan informasi publik harus didasarkan pada prinsip pelayanan cepat, tepat waktu, dan biaya ringan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses informasi publik yang dimaksudkan.

Dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan informasi publik pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah, dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten serta kelembagaan yang solid. Untuk itu perlu adanya sinergi, transfer informasi, dan kerjasama antar anggota Tim Pelaksana PPID Pembantu. Atas dasar pertimbangan tersebut dipandang perlu untuk melaksanakan Rapat Penguatan Kelembagaan PPID Tahun 2019 di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah guna mendukung pelayanan informasi perangkat daerah yang baik dan kompeten.

Rapat Penguatan Kelembagaan PPID Tahun 2019 diadakan di Ruang Kartini, Kantor DP3AKB Prov. Jateng, Jalan Pamularsih no.28 yang dihadiri oleh 25 orang dari Sekretariat dan Bidang di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah, dengan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

https://pbs.twimg.com/media/D16_7p-VAAAmP1I.jpg

Tujuan diadakannya rapat ini adalah menyiapkan informasi publik serta pelayanan informasi pubik yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. diharapkan setelah diadakannya rapat tersebut diantaranya

  1. Bertambahnya pengetahuan dan kompetensi Tim Pelaksana PPID Pembantu;
  2. Terbentuknya kerjasama yang baik antar anggota Tim Pelaksana PPID Pembantu;
  3. Tersedianya informasi publik yang akurat dan up to date;
  4. Terselenggaranya pelayanan informasi yang memadai bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
ada yang bisa kami bantu?
Kami sedang Online! segera chat kami. kami melayani pengaduan, permohonan data, kritik dan saran dari anda. cantumkan nomor telepon atau email anda.
Powered by